17 June 2013

Hermawan Kartajaya | Pakar Pemasaran


 photo Hermawan_kartajaya

Siapakah Hermawan Kartajaya ? Ia lahir di Surabaya, Jawa Timur, 18 November 1947 adalah seorang pakar pemasaran (marketing) berkewarganegaraan Indonesia keturunan China. Ia dikenal sebagai tokoh entrepreneur di bidang pemasaran dan merupakan orang Indonesia pertama yang memasuki ranah pemasaran internasional dengan model marketing yang ia buat sendiri. Hermawan adalah pribadi yang unik, kombinasi dari orang yang memiliki pemikiran akan konsep bisnis yang strategis dalam bidang marketing dan seorang praktisi. Oleh The Chartered Institute of Marketing yang berkedudukan di Inggris ia dinobatkan sebagai 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing. Saat ini ia juga menjabat sebagai Presiden MarkPlus&Co, perusahaan konsultan manajemen yang berbasis di Asia yang dirintisnya sejak tahun 1990. Hermawan Kartajaya selalu mengatakan bahwa jika ingin membangun brand yang kuat perusahaan tidak boleh hanya mengandalkan iklan. Perusahaan harus melakukan sesuatu yang mengena di benak konsumen, tidak sekadar menjual tetapi memiliki implikasi jangka panjang.

Ia juga aktif menulis buku-buku seputar dunia pemasaran. Diantara karya-karyanya adalah sebagai berikut:
  • 4G Marketing: A 90-Year Journey in Creating Everlasting Brands, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005. This book is about journey of HM Sampoerna of creating everlasting cigarette brands in Indonesia
  • Winning the Mom Market in Indonesia, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005
  • Marketing in Venus Playbook Volume I, II, III, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005
  • Metrosexuals in Venus, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2004
  • Marketing Yourself, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2004
  • Berbisnis dengan Hati (Compassionate Marketing), with K.H. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), published by MarkPlus&Co, Jakarta, 2004
  • Positioning Differentiation Brand, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004
  • On Becoming a Customer-Centric Company, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004
  • This book is a about the transformation of PT Pos Indonesia of becoming the customer-centric company
  • Hermawan Kartajaya on Positioning, diterbitkan oleh Mizan Media Utama, Bandung, 2004
  • Hermawan Kartajaya on Differentiation, diterbitkan oleh Mizan Media Utama, Bandung, 2004
  • MarkPlus on Strategy, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002
  • Marketing Plus 2000, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001
  • Attracting Investors: A Marketing Approach to Finding Funds For Your Business, with Philip Kotler (Kellogg School of Management) and S. David Young (INSEAD), published by John Wiley & Sons, New Jersey, 2004
  • Rethinking Marketing: Sustainable Market-ing Enterprise in Asia, with Philip Kotler (Kellogg School of Management), Hooi Den Huan (Nanyang Business School) and Sandra Liu (Purdue University), published by Prentice Hall Asia, 2002. This book is launched at the University of Chicago Graduate Business School—Asian Campus, Singapore, September 2002. Currently, this book is being used as second textbook for Marketing Course at Nanyang Business School, Singapore. This book has been translated into several languages

Dan masih banyak buku-buku karya Hermawan Kartajaya lainnya yang tidak kami tuliskan disini. Karya-karya Hermawan selain dalam bentuk buku juga banyak dalam bentuk jurnal, yang telah diterbitkan secara Internasional.

Riwayat pendidikan dan karir Hermawan Kartajaya adalah sebagai berikut:
  • Ia pernah mengenyam Pendidikan Tinggi di Teknik Elektro ITS, namun tidak sampai lulus karena masalahan ekonomi
  • Ia menyelesaikan gelar sarjana di Universitas Udayana, Bali
  • Ia mendapatkan gelar master di University of Strathclyde Graduate School of Business, Scotland 1995
  • Pada 1990 membentuk MarkPlus, perusahaan konsultan marketing di Surabaya, Indonesia
  • Sejak 2002 Hermawan Kartajaya menjadi presiden dari World Marketing Association
  • Ia merupakan salah satu orang Asia yang telah diundang untuk memberikan pidato di American Marketing Association (AMA)
  • Ia dinobatkan sebagai 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing



ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ