18 July 2013

Usaha Cuci Motor


cuci_motor photo cuci_motor_zps76d9aeea.jpg

Usaha cuci motor masih tetap menjanjikan sebagai salah satu alternatif untuk memperoleh penghasilan. Walaupun ditengah menjamurnya bisnis ini di berbagai tempat, Anda jangan takut berkompetisi. Syaratnya selain siap modal terapkan trik pemasaran yang jitu, kreatif dalam menarik konsumen, buat konsumen menjadi pelanggan fanatik.

Beberapa kenyataan tentang usaha cuci motor yang sudah ada saat ini adalah :
  • Jasa Cuci Motor yang banyak bertebaran di beberapa tempat, dikelola ala kadarnya sehingga belum bisa memberikan proses pencucian dan hasil yang memberikan kepuasan bagi pelanggan.
  • Pelanggan merasa tidak nyaman karena proses lama, dan ruang tunggu yang kurang memadai.
  • Kebersihannya banyak yang tidak sesuai harapan. Ini sudah tentu kepuasan mutlak, namanya juga jasa mencuci, tentu dituntut mencuci sampai bersih

Dari kekurangan-kekurangan yang dirasakan oleh konsumen di atas tentu dapat dijadikan masukan yang harus dicarikan penanganannya agar konsumen merasa puas.

Tips Agar Usaha Cuci Motor Ramai Pengunjung

Usaha cuci motor akan cepat berkembang dan ramai pelanggan, tentunya harus dijalankan dengan strategi bisnis yang tepat. Ada beberapa syarat umum untuk usaha cuci motor agar menarik.

Lokasi yang Strategis
Lokasi yang strategis merupakan faktor penting yang mendukung lancarnya usaha cuci motor. Lokasi ini tidak harus disuatu tempat yang tidak ada pesaingnya atau hanya usaha Anda sendiri saja, tapi justru kalau bisa di sebuah jalan yang disana sudah banyak pesaing sesama usaha cuci motor. Lokasi yang baik dan bagus akan mengurangi biayapemasaran. Buatlah spanduk yang menarik, yang mudah dibaca dan diingat oleh target pasar.

Promosi dan Komunikasi yang Menarik
Hampir semua orang di tingkatan ekonomi manapun sangat menyukai program promosi. Orang juga cenderung mau mencoba sebuah jasa cuci motor apabila ada promosi yang menarik. Lakukan komunikasi yang berbeda dengan pesaing Anda. Buatlah promosi yang membuat orang penasaran. Misalnya dengan hadiah door prize kejutan, cuci 3 kali gratis 1 kali, atau menempatkan air minum mineral gratis di ruang tunggu, atau kreatifitas lain….

Ruang Tunggu yang Nyaman
Buatlah agar tempat untuk menunggu senyaman mungkin agar pelanggan tidak merasa jenuh saat menunggu kendaraannya dicuci, selain menyediakan minuman ringan gratis, Anda juga dapat menyediakan makanan dan minuman ringan lainnya yang tidak gratis (tanpa sengaja menambah penghasilan lain). Pastikan ada koran, majalah atau televisi, musik agar tidak membosankan.

Kualitas Hasil Cuci Motor Harus Terjamin
Pelanggan tentunya akan datang kembali, dan kembali dan kembali lagi bila kualitas jasa yang anda berikan dapat memuaskan mereka. Jadi Anda harus dapat memastikan bahwa hasil cuci di tempat usaha cuci motor Anda sangat baik dan bersih. Pastikan setiap petugas cuci Anda bekerja dengan standar yang anda tentukan. Hebatnya jika pelanggan sudah fanatik untuk mencucikan motornya ke tempat Anda, ongkos dapat Anda naikkan sedikit.

Sikap yang ramah
Pelanggan di masa kini ini sangat memperhatikan pelayanan ini. Bahkan dibeberapa literatur menyebutkan bahwa pelayanan yang ramah membuat usaha Anda berbeda dan sulit dicontoh. Untuk itu, Anda harus benar-benar melatih seluruh karyawan Anda agar benar-benar mengerti soal service excellent ini. Service yang baik bukan hanya pada hasil kerja, tapi harus menyeluruh sampai pada sikap keramahan. Buatlah standar keramahan yang unik di tempat usaha cuci motor Anda dari mulai greeting, hingga proses pelayanan yang cepat dan praktis. Ucapan terimakasih sangat penting untuk mengakhiri pelayanan.

Selamat mencoba semoga sukses!!!


ARTIKEL TERKAIT:

2 komentar:

  1. Cuci salju busa bisa merusak cat dan komponen kecil, BUKTI ADA DIBAWAH INI:

    http://m.kompasiana.com/post/read/473645/2/jangan-tertipu-cuci-salju.html

    Perhatikan jika kendaraan Anda dicucikan dengan salju dari tankisalju.
    Karena sistem ini sama halnya mencuci tanpa sampoo dan juga busa pemakaian berbeda dengan air yang bercampur sampoo...gampangnya coba pada tangan sendiri dari sentuhan busa dan sentuhan airsampoo.. Busa lebih keras.. 

    Solusi terbaru.. Youtube: salju tekanan tinggi.
    Atau cuci salju pada mesin semi otomatis, karena penggunaan ini adalah sampoo air yang dikocok, bukan busa yang diambil.

    Gampangnya: salju tanki stainlessteel pun bisa bocor gara2 busa yang telah dikocok..jika tanki diisi sampo+air pasti tidak bisa bocor. Bocor bukan disebabkan dari komoressorudara, tetapi dari hasil sampo+air yang dikocok lalu berbusa, busa tersebut menempel didalam tabung itu

    ReplyDelete
  2. Usaha cuci motor memang sekarang masih merupakan usaha yang potensial karena saat ini semakin banyak orang yang mempunyai motor dan semakin banyak orang yang tidak sempat mencuci motornya sendiri. Hal ini merupakan peluang untuk membuka usaha pencucian motor.

    ReplyDelete

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ