26 August 2013

Usaha Telur Asin Aneka Rasa


 photo telur_asin_zps54beaca4.jpg

Telur asin merupakan teknologi hasil olahan dari peternakan yang peminatnya cukup banyak. Sebagian besar telur asin dibuat dari telur itik / bebek. Hal ini disebabkan telur itik mempunyai cangkang dengan pori-pori yang besar sehingga baik untuk dibuat telur asin. Telur asin memiliki kandungan kalsium lebih tinggi dibandingkan dengan telur itik segar. Penyimpanan telur asin yang baik adalah pada suhu 12-15 oC dan kelembaban udara 70-80%. Semakin lama waktu proses pengasinan akan semakin tahan lama. Telur asin yang baik adalah yang memiliki aroma dan rasa yang enak, mengandung minyak di pinggir dan letak kuning telur di tengah. Dengan sedikit kreativitas, kini dapat dibuat telur asin dengan aneka varian rasa. Anda dapat membuat aneka rasa telur asin seperti telur asin rasa bawang, rasa jahe, rasa udang, rasa buah-buahan, dsb.

Dalam memasarkan produk telur asin sangatlah mudah, bisa dengan cara menyetok langsung ke para pedagang telur asin di pasar-pasar atau di toko-toko, atau mengemas sendiri beberapa butur telur dengan kemasan yang menarik dan memasarkannya sendiri.

Bahan Membuat Telur Asin
  • Telur itik segar
  • Air secukupnya
  • Batu bata merah yang dihaluskan (Hasil penelitian BPTP Kaltim menunjukkan bahwa bahan untuk pembuatan telur asin yang paling bagus adalah batu bata merah)
  • Garam kasar sebanyak 5% dari berat batu bata merah
  • Wadah kedap udara
  • Pasta aneka rasa sesuai selera

Cara Membuat Telur Asin

1. Cuci bersih telur itik dengan cara menyikat perlahan permukaan telur dengan kain atau sabut kelapa untuk menghilangkan kotoran di kulit telur dan membuka pori-pori di cangkang telur agar dpt menyerap air garam dan pasta dengan baik.
2. Campur bubuk batu bata, air, garam, dan pasta rasa sesuai selera
3. Rendam Telur itik ke dalam campuran tersebut dan simpan telur ke dalam wadah kedap udara. Peram selama 7 - 10 hari.
4. Setelah sekitar 7 - 10 hari telur siap dipanen.
5. Cuci bersih telur sebelum direbus.
6. Perebusan. Bila telur asin hendak dipasarkan dalam keadaan matang, maka perebusan dapat langsung dilakukan. Untuk mncegah retak atau pecahnya telur dalam proses perebusan ini, sebaiknya dilakukan cara perebusan seperti berikut ini:
- Masukkan telur dalam panci perebus yang telah diisi dengan air secukupnya.
- Panaskan dengan api kecil, usahakan agar air perebus menjadi panas namun tidak mendidih (+/- 30 menit).
- Selanjutnya, api dapat dibesarkan hingga air mendidih.
Hal ini dilakukan agar putih telur menjadi matang terlebih dahulu sebelum mematangkan semua isi telurnya. Sehingga benturan-benturan yang terjadi selama perebusan, tidak akan menyebabkan retak atau pecahnya telur-telur asin tersebut.

Tips khusus agar produk telur asin lebih bagus:

Direndam dalam larutan teh.
Setelah jadi telur asin mentah biasanya langsung dicuci dan direbus hingga matang. Namun ada juga sebagian orang yang merendam telur pada larutan teh terlebih dahulu sebelum telur asin mentah tersebut direbus. Perendaman dapat dilakukan sekitar 4 hari.

Biasanya telur asin yang sudah matang dapat bertahan selama 2-3 minggu. Namun jika hal ini dilakukan keawetan telur asin dapat mencapai hingga 6 minggu.

Penggunakan ekstrak daun teh ini bertujuan agar zat tanin yang terkandung dalam daun teh dapat menutupi pori-pori telur serta memberikan warna coklat muda yang menarik. Juga aroma telur asin yang dihasilkan akan lebih disukai konsumen.

Tags:
resep olahan telur  bisnis telur  cara membuat telur asin masir  cara membuat telur asin  resep telur asin masir  telur asin resep  cara membuat telur asin yang enak  resep opor telur  resep membuat telur cara membuat telur asin dengan air garam  cara membuat bisnis  cara cepat membuat telur asin  resep pindang telur  aneka olahan telur  resesp membuat telur asin  cara membuat telur asin bakar  telur  olahan telur  resep telur  kandungan gizi telur  cara membuat telur asin panggang  resep telur asin rasa udang  cara membuat telur asin rasa udang  pindang telur  resep membuat telor asin  cara membuat telur asin rasa aneka resep telur  cara membuat telur asin asap  telur asin  resep aneka telur  cara cara membuat telur asin  cara merebus telur  bagaimana cara membuat telur asin  kandungan telur  cara mudah membuat telur asin  



ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ