22 May 2015

10 Tanda Bisnis yang Bersih dan Sehat




Memiliki bisnis yang menguntungkan adalah impian hampir semua orang. Namun hal terpenting dalam berbisnis bukan hanya sekedar menguntungkan, tetapi juga “sehat” dan “bersih”. Itulah yang diidamkan para pengusaha.

Berikut adalah 10 karakter perusahaan yang bersih dan sehat menurut Coach Tom Mc Ifle :

1. Berjalan Dengan Sistem yang Terkendali
Sistem menentukan proses yang berjalan dan kita kendalikan dalam bisnis. Sistem yang dimaksud di sini bukan software ataupun teknologi canggih, tetapi proses yang dikendalikan dengan cara yang baik.

2. Pertumbuhan Laba Minimal 10 – 15% Pertahun.
Mungkin teredengar kecil sekali, hanya 10%. Namun tahukah Anda bahwa pada kenyataannya 80% bisnis tidak bertahan, karena gagal mencetak laba akibat dari miss-management? Pertumbuhan yang kecil namun berkala lebih baik dari pertumbuhan besar yang cepat, tapi juga jatuh dengan cepat.

3. Memiliki Karyawan yang Produktivitasnya Terukur.
Produktif atau tidak seorang karyawan bisa diukur secara cepat dari apa yang mereka hasilkan. Sayangnya banyak pengusaha malas mengukur hasil hasil kerja karyawan karena terlalu focus pada hasil, tidak focus pada proses. Padahal selain menambah keuntungan, mood karyawan produktif menular pada karyawan lain untuk ikut produktif, juga akan membuat pelanggan merasa penting dan puas.

4. Bisa Berjalan Tanpa Intervensi Pemilik Secara Operasional.
Anda pengusaha tetapi masih terlibat kegiatan operasional atau mengurus hal-hal sepele? Daripada mengurus hal kecil dan menghambat kreativitas tim, waktu Anda akan lebih berharga untuk menciptakan standar kerja dan struktur organisasi yang bisa membantu Anda mengatur kerja tim.

5. Tidak Menyuntik Modal Secara Terus Menerus.
Inilah musuh besar bisnis sehat. Suntik modal adalah tanda kebocoran serius. Apakah ada kebocoran sengaja atau tidak, pasti akan mempengaruhi kesehatan keuangan Anda.

6. Mampu Membayar Hutang.
Efek samping bisnis yang gagal dalam pengelolaan cashflow, biasanya akan sulit bayar utang tepat waktu.

7. Memiliki Perputaran Persediaan yang Tinggi.
Hubungan antara perputaran uang dengan persediaan sangatlah besar. Karena persediaan yang Anda beli tidak akan langsung terjual cepat. Untuk itu kemampuan tim dalam menjual produk Anda sangat diandalkan. Rajinlah memberikan pelatihan agar kemampuan dan semangat tim Anda meningkat.

8. Punya anggaran Besar Untuk Pelatihan Karyawan.
Pelatihan tidak hanya akan menambah wawasan karyawan tetapi juga mangasah moral sehingga mereka akan berfikir dua kali jika ada kesempatan berbuat curang.

9. Karyawan Loyal Lebih Banyak Dari yang Keluar Masuk.
Ingatlah bahwa mencari karyawan baru biayanya sembilan kali lebih mahal dari menjaga karyawan lama. Waktu untuk melatih, membina, mengijinkan mereka berbuat kesalahan, sangat mahal harganya,

10. Memiliki Dana Promosi yang Besar.
Marketing adalah alat yang bisa Anda gunakan untuk membangun brand, loyalitas pelanggan, loyalitas tim, dan menambah pelanggan baru. Tanpa dana promosi maka perusahaan hanya bisa bergantung pada pelanggan lama. Lalu bagaimana jika pelanggan lama itu pindah ke lain hati?

Semoga paparan ini dapat memberi Anda inspirasi dan pencerahan, untuk mengupayakan memiliki bisnis yang sehat, bersih, bertumbuh dan bermanfaat bagi banyak orang.


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ