29 August 2013

Ide Nyeleneh Mempromosikan Bisnis


kunci_sukses photo kunci_sukses_zps91749ab9.jpg

Agar bisnis Anda dikenal orang tentu diperlukan promosi. Banyak cara mempromosikan bisnis, bisa dengan beriklan di koran, televisi, internet, pasang spanduk, dll. Tapi itu semua tentu memerlukan biaya promosi yang tidak sedikit, jika ada yang lebih murah kenapa tidak kita coba. Untuk urusan promosi saya telah banyak mencoba trik-trik yang disarankan oleh para pakar marketer seperti Pak Bong Candra, Pak Tung Desem, Pak Rhenald, dll, baik dalam tulisan-tulisan beliau di media cetak maupun di acara televisi. Terakhir saya coba mengadopsi sebagian trik promosi yang nyeleneh dari idenya Mas Ippho dalam bukunya Marketing is Bullshit, ternyata lumayan tokcer. Inilah sederet trik promosi nyeleneh tersebut:
  • Karangan Bunga. Jika Anda mau buka outlet baru, pesanlah sekitar 10 karangan bunga dengan ucapan "Selamat dan sukses", cantumkan pula dibawah ucapan tersebut nama perusahaan atau nama orang kenalan Anda. Lalu pajanglah di depan outlet. Diharapkan orang-orang yang melewati outlet Anda akan terkesan dengan bisnis Anda. Orang akan menganggap Anda memiliki relasi dan berada dalam lingkungan bisnis yang berkelas. Untuk urusan karangan bunga ini Anda bisa join dengan teman-teman sesama pengusaha, dengan begitu mereka juga berhak memakai karangan bunga tersebut. Supaya karangan bunga tahan lama, belilah yang terbuat dari plastik sehingga bisa disimpan dan sewaktu-waktu bisa dipakai kembali jika diperlukan. Hanya Anda dan teman-teman Anda yang tahu rahasia ini.

  • Titip Nama. Setiap kali Anda mengirim sms, e-mail, bergabung di millis, bertanya di seminar, memberi testimoni, atau sejenisnya, pastikan Anda menitipkan nama Anda dan merek bisnis Anda.

  • Sisip Nomor. Buatlah stiker yang memuat nomor-nomor penting seperti kantor polisi, rumah sakit, telkom, PLN, hotel, pemadam kebakaran, dll. Jangan lupa sisipkan juga nomor telepon bisnis Anda. Dijamin stiker ini akan disimpan baik-baik oleh konsumen.

  • Foto Tokoh. Jika ada tokoh terkenal yang mampir ke tempat bisnis Anda, minta izinlah untuk mengambil fotonya. Pajanglah foto para tokoh tersebut di tempat bisnis Anda. Percayalah, perlahan ini akan menggelinding laksana bola salju. Tokoh terkenal yang lain atau orang yang ingin dianggap tokoh terkenal akan menyusul mampir ke tempat Anda, akan tertanam kesan kurang gengsi kalau tidak mampir ke tempat Anda. Di Balikpapan saya pernah makan di sebuah warung masakan khas namanya "Ayam Lodo", baru masuk warung yang menyambut bukan pemilik warung tetapi pak Bondan Winarno (pakar kuliner) dan Mbak Titi Syuman dalam bentuk foto ukuran besar. Kesan saya saat itu menu di warung ini pasti berkelas. Andapun akan merasakan seperti saya hanya gara-gara foto tokoh tersebut. Jadilah ini magnet tersendiri!

  • Bisikan Pelanggan. Misalnya Anda adalah pemilik rumah makan "Laut Biru". Bergegaslah pergi ke rumah makan lainnya dan bisiki para pelanggan disana, " Bapak suka kuliner ya? Wah, sama seperti saya. Ngomomg-ngomong, ada rumah makan baru lho, Laut Biru namanya. Kebetulan saya sering makan disana. Masakannya mantab, pas di lidah, dan harganya tidak terlalu mahal. Sekedar catatan, ketika pelanggan yang dibisiki itu datang ke rumah makan Anda, untuk sementara jangan sampai Anda terlihat olehnya.



ARTIKEL TERKAIT:

2 komentar:

  1. bagus sekali ide marketingnya... jadi timbul inspirasi bagi saya untuk semakin meluaskan usaha di bidang salon dan perlengkapannya...
    www.alatsalondanspatermurah.blogspot.com
    www.jualbahansalon.blogspot.com
    081331310626
    085733617825
    ully

    ReplyDelete
  2. artikelnya sangat bagus dan inspiratif.
    semoga postingan yang lain juga bagus dan menarik untuk disimak gan.
    ane ijin buat nyimak dan nitip link ya gan..


    http://rentalmobilalamsyah.blogspot.com/
    http://alamsyahgroup.wordpress.com/
    http://jilbabkuu.wordpress.com/
    http://rentalmobilbanyuwangialamsyah.wordpress.com/

    sukses terus untuk blognya dan semoga bisa menjadi manfaat buat rekan - rekan

    yang suka googling dan cari tambahan informasi ya gan.

    ---------->>>> salam .....

    ReplyDelete

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ