23 November 2013

Kisah Sukses Rafi Mengubah Gulma Menjadi Produk Seni


 photo kerajinan_eceng_gondok_zpsbf69c228.jpg

Rafi Hartono, pemilik Geni Art memulai usaha kreatif sejak 2004 dengan modal awal Rp. 45.000. Melalui tangannya, Ia menyulap sebuah tanaman gulma enceng gondok menjadi produk kreatif yang bernilai komersil sehingga dapat mendatangkan uang. Modal awal ia gunakan untuk membeli perlengkapan gambar, seperti penggaris, cutter, dan pensil. Rafi tak menyangka kreasinya bakal mendatangkan pemasukan.

Dengan bahan dasar enceng gondok, Rafi mengubahnya menjadi beragam mainan. Mulai dari replika mobil-mobilan, kereta api, tutup lampu, kotak tisu, dan lain-lain. Harganya tidak tanggung-tanggung, dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Ide kreatifnya diawali dari ketidaksengajaan. Rafi mendapati enceng gondok yang menutup permukaan rawa. Kemudian, ia iseng mengolah tanaman itu menjadi mobil-mobilan dan dipajang di pinggir Jalan Raya Semarang – Yogyakarta. “Ternyata ada yang tertarik dan menawar kreasi itu,” katanya. Setelah hasil kreasinya laku, Rafi mulai agak serius menekuni usaha itu.

Jika dulu Rafi mencari sendiri enceng gondok, kini ia mengerahkan masyarakat setempat. Biasanya, ia membeli dengan harga Rp 3.500/kg enceng gondok kering atau Rp 1.500/kg untuk enceng gondok basah. Dengan kian berkembangnya usaha, dalam sebulan, ia menghabiskan 150 kg enceng gondok, 10 kaleng lem (30 kg/kaleng), dan 50 kertas daur ulang. Suplai bahan baku tak pernah terganggu, karena enceng gondok bisa didapatkan dengan mudah di lingkungan sekitar. Rafi juga mengaku tidak mengalami kesulitan dalam pemasaran maupun permodalan. Sebab, produknya diminati pembeli. Bank atau penyedia modal, berani mengucurkan dana karena usaha itu dinilai sangat prospektif.

“Yang jadi kendala hanya terbatasnya SDM yang kreatif,” ungkapnya. Kini, kreasi enceng gondok itu beromzet sekitar Rp 8 juta/bulan. Di showroomnya, terpajang berbagai kreasi dari enceng gondok. Ia berharap agar usahanya kian berkembang dan showroom bisa digunakan sebagai tempat ‘pameran’ hasil kerajinan kreatif lainnya.

Jika Anda mempunyai ide kreatif, tuangkan ide Anda dalam bentuk sebuah produk. Jika sudah demikian, maka Anda akan mendulang kesuksesan yang sama seperti Rafi Hartono, pemilik Geni Art. Semoga Rafi Hartono dapat menginspirasi Anda, selamat berkreasi....

Alamat Rafi Hartono/ Geni Art ada di Sidosari, Rt 12/02 Kuwarasan Kec. Jambu Kab. Semarang, Jawa Tengah.


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ