14 January 2014

10 Cara Mendapatkan Modal Usaha


 photo panduan_bisnis_1_zpsfe1c0782.jpg

Faktor utama dalam membangun sebuah usaha adalah ketersedian modal yang cukup. Banyak calon entrepreneur atau wirausaha yang tidak bisa maju dan mandiri dalam mewujudkan cita-citanya karena terkendala masalah tersebut. Mendapatkan modal usaha memang bukan hal yang mudah layaknya membalikkan telapak tangan. Tetapi walaupun tidak mudah, mendapat modal tetap bisa dilakukan oleh siapapun, dan dalam kondisi apapun. Berikut adalah berbagai upaya yang bisa dilakukan guna mencari sumber pendanaan atau mendapatkan tambahan modal usaha.

1. Mencari Investor
Untuk mendapatkan modal usaha, dapat ditempuh dengan mencari seorang investor yang bersedia menginvestasikan uangnya. Agar berhasil menempuh langkah ini Anda harus memiliki gagasan bisnis yang masuk akal (menarik) serta kredibelitas yang baik.

2. Kerjasama Bagi Hasil
Berbeda dengan investor yang hanya menerima laporan, kerjasama bagi hasil biasanya melibatkan pihak-pihak terkait dalam urusan usaha. Kecuali ada perjanjian-perjanjian tertentu dari awal. Misalnya, Anda mempunyai ide bisnis cuci mobil. Anda baru memiliki sebidang tanahnya saja, dan belum ada dana untuk membangun tempat cuci mobil itu. Mengapa Anda tidak berusaha mengajak orang lain bekerja sama untuk membangunkan tempat cuci mobil diatas tanah anda? Jika tempat yang Anda miliki strategis, saya rasa investor pun akan tertarik menanamkan modalnya.

3. Mencari Dana Hibah
Banyak perusahaan swasta dan pemerintah yang mempunyai program sosial dengan mengeluarkan sebagian keuntungannya untuk diberikan ke masyarakat sebagai wujud bantuan sosial. Selain digunakan langsung untuk bantuan sosial, beberapa perusahaan lebih memilih memberikan alokasi anggaran sosialnya untuk memeberdayakan perekonomian masyarakat. Untuk menyaring pihak-pihak mana yang pantas menerima dana hibah tersebut, manajemen perusahaan biasanya meminta proposal usaha dari para calon penerima dana hibah. Calon-calon wirausaha yang memiliki ide kreatif dan proposal bisnis yang menarik akan menjadi penerima dana tersebut. Untuk mendapatkan peluang ini, rajin-rajinlah mencari informasi baik lewat media cetak, televisi maupun di internet.

4. Mengajukan Pinjaman Modal Usaha
Bagi calon pengusaha yang memiliki barang jaminan (seperti motor, tanah, bangunan, dsb), mengajukan permohonan modal usaha ke lembaga keuangan (misal bank & koperasi) adalah jalan yang paling mudah untuk mendapatkan kucuran dana usaha. Dengan keterikatan terhadap perjanjian tersebut, para pengusaha biasanya cenderung bekerja keras agar mampu mengembalikan modal usaha yang dipinjam secepat mungkin.

5. Tabungan
Pepatah yang paling tepat untuk alternatif mendapatkan modal usaha dengan cara yang satu ini adalah "sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit". Ada banyak orang yang merintis usahanya dari kecil, dan dengan modal yang kecil pula. Modal usaha tersebut adalah dari hasil menabung.

6. Jual Ide
Meskipun Anda tidak mempunyai modal, Anda bisa menjual ide Anda jika Anda memang memiliki ide bisnis yang sangat cemerlang. Ide Anda akan dihargai mahal jika ternyata potensi ide bisnis Anda luar biasa. Tapi sebelum Anda menjual ide bisnis Anda tersebut, buat detail plan-nya dulu ke dalam sebuah proposal usaha. Ceritakan kisi-kisi bisnis Anda ke dalam proposal tersebut. Detailnya bisa Anda kasih ke mereka kalau uangnya sudah masuk ke kantong Anda.

7. Hutang Kepada Pembeli (bayar di depan)
Yang terpenting jika Anda ingin berbisnis adalah tanamkan selalu jiwa menjual atau dagang. Anda bisa menjual berarti Anda sudah mampu untuk bermarketing. Nah, mau tahu contoh bisnis apa yang bisa menggunakan cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan model seperti ini (bayar di depan)? Saya kasih contoh satu saja ya. Pelatihan !! Anda bisa promosikan sebuah pelatihan misal tentang cara budidaya semut rangrang. Uangnya suruh bayar di muka. Begitu sudah terkumpul uangnya sesuai dengan target Anda, baru uang tersebut Anda gunakan buat sewa tempat, beli perlengkapan pelatihan, pesan makan siang plus snack peserta, dan sebagainya. Tapi dirancang dulu dengan cermat mekanisme pelatihannya.

8. Hutang IMF
IMF disini bukanlah Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF). Lalu? IMF disini adalah hutang kepada Istri, Mertua atau Family Anda. Saat Anda kesusahan, siapa lagi yang mau peduli untuk membantu Anda selain istri, mertua atau family Anda? Anda bisa mendapatkan pinjaman tunai tanpa agunan. Nggak percaya? Coba saja. Ceritakan dengan baik business plan Anda, insya Allah, keajaiban akan datang.

9. Hutang Teman
Adalah salah satu cara untuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan yang cukup mudah. Anda data seluruh teman Anda dari SD hingga kuliah. Kemudian Anda datangi atau telepon satu per satu lalu utarakan maksud Anda.

10. Hutang Supplier
Cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan yang satu ini banyak digunakan oleh usaha-usaha yang sudah agak mapan penjualannya. Contohnya usaha warung sembako yang sudah berjalan. Begitu kelihatan ramai, para supplier pasti dengan senang hati menghutangi Anda dengan berbagai macam produknya.

Smoga Anda bisa mendapatkan modal dari salah satu cara diatas....


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ