20 February 2014

Beternak Ayam Kalkun


 photo beternak_kalkun_zps0065d04d.jpg

Dengan pangsa pasar khusus, potensi beternak ayam kalkun cukup menjanjikan. Bisnis ayam kalkun bisa ditujukan untuk dua tujuan yakni daging dan ayam hias. Dengan bobot tubuh yang bisa mencapai 5 kilogram per ekor, ayam kalkun sangat cocok untuk ayam pedaging. Target pemasaran daging kalkun adalah untuk memenuhi permintaan restoran dan hotel-hotel berbintang dengan mayoritas penggemar adalah kaum expatriat. Di hotel-hotel berbintang di Indonesia, olahan daging kalkun termasuk menu favorit yang sangat diminati pengunjung. Menu daging kalkun yang disajikan sangat variatif antara lain kalkun panggang, sate kalkun, steak kalkun, soto kalkun, kalkun goreng dan tempura kalkun. Di hotel berbintang Yogyakarta menu kalkun bakar dibandrol Rp 115.000. Di hotel bintang 5 Jakarta menu kalkun tersedia dengan tarif sekitar Rp 580.000,- dan di saat New Years Dinner seharga Rp 178.000,-. Saat Brunch New Years menu kalkun dipasang dengan tarif Rp 298.000,-.

Harga menu daging kalkun mengalami puncaknya pada Thanksgiving Day (Hari Pengucapan Syukur). Hari Pengucapan Syukur adalah hari libur resmi di Amerika Serikat yang jatuh pada hari Kamis keempat di bulan November. Di Kanada, Thanksgiving jatuh pada hari Senin kedua di bulan Oktober. Kalkun merupakan hidangan utama saat hari Thanksgiving, sehingga hari Thanksgiving juga dikenal sebagai "Hari Kalkun". Kalkun biasanya dimakan bersama saus kranberi dan hidangan lain seperti kentang puree, jagung rebus, pai labu, dan berbagai macam sayur-sayuran musim gugur yang lain. Bagi warga negara asing yang berada di Indonesia tentu akan berburu panggang daging kalkun di hotel-hotel yang menyediakan menu tersebut.

Selain ukuran yang besar Ayam Kalkun jantan memiliki bentuk tubuh dan bulu yang indah, sehingga cocok dipelihara sebagai unggas hias.

Dari sisi pemeliharaan, kalkun sangat mudah, tidak rumit dalam hal pakan dan perkawinannya mudah. Untuk beternak kalkun juga tidak membutuhkan tempat luas.Dalam hal penjualan juga tidak sulit. Nah tunggu apalagi. Prospek bisnis kalkun sangat menjanjikan.

Untuk lebih detail tentang cara beternak kalkun, bisa lihat di PESONA UNGGAS


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ