20 February 2014

Mendongkrak Omzet Dengan Mengikuti Pameran


 photo panduan_bisnis_1_zpsfe1c0782.jpg

Diantara salah satu strategi untuk meningkatkan omzet penjualan produk dari bisnis Anda adalah dengan promosi melalui ajang pameran. Dengan mengikuti pameran yang sesuai dengan kebutuhan sebuah bisnis, akan sangat membantu pemasaran bisnis tersebut.

Bagi kebanyakan pebisnis, mengikuti pameran merupakan salah satu ajang berpromosi produk atau jasa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Namun tidak sedikit pebisnis juga berharap mendulang keuntungan dari penjualan langsung selama pameran berlangsung, hal ini boleh-boleh saja, tapi perlu diingat bahwa tujuan utama dari keikutsertaan bisnis Anda dalam pameran adalah mengenalkan seluas mungkin produk Anda kepada masyarakat. Jadi mengenai laku atau tidak laku produk Anda secara langsung saat berlangsungnya pameran bukan suatu masalah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pameran bagi perkembangan bisnis Anda :

1. Mengenalkan Produk
Pameran bisa digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan produk, baik produk lama maupun produk hasil inovasi terbaru. Sehingga masyarakat luas mengetahui adanya produk dari bisnis Anda. Promosi yang dapat Anda lakukan adalah dengan membagikan contoh produk, brosur atau pamflet, serta kartu nama perusahaan. Sehingga makin banyak masyarakat yang mengenal produk Anda.

2. Memperkuat Citra Perusahaan
Jika produk Anda sudah dikenal di masyarakat, melalui pameran Anda dapat memperkuat image atau citra perusahaan. Tunjukan eksistensi perusahaan Anda dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan menanamkan citra baik perusahaan Anda dimata para konsumen.

3. Mencari Informasi Bisnis Pesaing
Dalam suatu pameran tidak menutup kemungkinan pelaku usaha di bidang yang sama juga mengikuti pameran tersebut. Kesempatan tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui informasi mengenai perusahaan pesaing, dari mulai harga yang ditetapkan pesaing, produk unggulannya, peralatan yang digunakan, inovasi produk yang telah dikembangkan, atau sekedar mengetahui perkembangan bisnis mereka.

4. Mengevaluai Kualitas SDM dan Teamwork
Dengan mengikuti pameran, Anda juga menilai kualitas SDM serta teamwork yang Anda miliki. Setidaknya Anda bisa melihat kemampuan SDM marketing dalam melayani pengunjung dan melihat kemampuan kerjasama tim dalam meningkatkan penjualan produk selama pameran.

5. Survey Pasar
Melalui pameran Anda dapat melakukan survey pasar, dengan melihat seberapa besar minat pengunjung pameran terhadap produk Anda. Dari hasil penjualan selama pameran, dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi, dan untuk menentukan strategi bisnis ke depannya.

Jika memang pameran telah menjadi jalan efektif dalam berpromosi, agar tidak kecewa menjadi peserta sebuah pameran setidaknya pelaku bisnis perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Apakah ajang pameran yang akan diselenggarakan dirasa berguna dilihat dari ketepatan pemilihan waktu dan sasaran pengunjung sehubungan produk/jasa yang akan Anda pamerkan.
  • Cari tahu siapa penyelenggara dan track recordnya selama menyelenggarakan pameran-pameran sebelumnya.
  • Jika telah memutuskan mengikuti sebuah pameran, pilihlah stand yang tempatnya strategis. Buatlah stand semenarik mungkin dari sisi dekorasi, pelayanan penjaga stand yang ramah dan sabar dalam menjelaskan produk.
  • Berikan tawaran menarik, misalnya diskon untuk produk selama pameran berlangsung.
  • Jangan lupa mempersiapkan kartu nama. Banyak peserta pameran merasa menyesal karena mengabaikan hal yang satu ini. Karena tanpa disadari mereka telah menghilangkan sebuah kesempatan untuk menjalin lebih banyak relasi dan untuk lebih dikenal oleh konsumen.

Pada intinya pameran merupakan ajang berpromosi yang sangat ideal bagi sebuah usaha dan produk jika diikuti dalam even atau tema pameran yang tepat dan sesuai dengan target pengunjung. Sementara pebisnis yang ingin jadi peserta juga harus mempersiapkan diri agar tujuan mengikuti pameran bisa tercapai.

Semoga sedikit informasi pemasaran bisnis ini dapat bermanfaat, salam sukses.


ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar:

  1. Min, ane ijin titip info ya. Kali aja ada pembaca blog ini yang butuh Box Makanan buat usaha makanannya. Kalo ada yang butuh, bisa coba hubungin kita di http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ