12 March 2014

Kisah Sukses Ibu Dewi dengan Bisnis Sabun Herbal


 photo we-ef_sabun_zps28f926ab.jpg
Wiyana Dewi (54 tahun), adalah seorang single parent yang memiliki dua orang anak. Ia adalah pemilik usaha sabun herbal yang kini beromzet mencapai Rp. 100.000.000 per bulan. Dewi membuat inovasi dengan membuat sabun yang berbahan herbal seperti papaya, sereh, dll. Bahkan Ia telah mematenkan tiga produk utama yaitu pasta gigi freshmint, sabun we-ef, dan produk sampo. Hingga kini, produknya telah tersebar ke seluruh penjuru indonesia, bahkan luar negeri.

Perjalanan Dewi menjadi pengusaha sabun herbal berawal pada tahun 1999 saat Ia terkena PHK dari perusahaan tempat Ia bekerja. Perusahaan di bidang kosmetik yang telah mempekerjakannya selama sembilan tahun bangkrut lantaran terjadi krisis ekonomi global.

Di tengah kegalauannya menghadapi cobaan hidup tersebut, Dewi memutuskan memulai usaha pembuatan sabun. Perempuan yang sekarang menginjak usia 54 tahun itu mengaku sudah “jatuh cinta” dengan dunia kosmetik dan kecantikan sejak remaja. Awalnya Ia hanya membeli bahan baku yang sudah jadi, untuk kemudian dijual lagi kepada konsumen. Usahanya menunjukkan perkembangan ketika Dewi berkenalan dengan supplier peralatan mandi untuk hotel. Dalam waktu bersamaan, dia pun sempat mendapat pesanan sampo khusus untuk mencuci motor. Ketika mendapat pesanan tersebut, Ia mengaku begitu semangat mengerjakannya.

Dewi mengembangkan tempat usahanya di rumah pribadinya di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Di sana bisnis kecil ini berkembang menjadi bisnis menjanjikan. Pasanan mulai berdatangan dan Dewi kini telah memiliki beberapa karyawan. Meski begitu ia masih ikut andil dalam pembuatan.

Namun pada tahun 2003, di saat usahanya mulai berkembang, ada masalah dalam rumah tangganya . Pernikahan yang telah terbina bertahun-tahun dengan suami tercinta dan menghasilkan dua buah hati kandas. “Saya kembali ke titik nol karena perceraian tersebut,” tutur perempuan yang memutuskan tetap sendiri hingga sekarang.

Selepas perceraiannya, Dewi tetap kembali menggeluti usaha pembuatan sabun. Ia mendapat modal pinjaman dari bank yang Ia manfaatkan untuk membuat pabrik kecil-kecilan dan membeli mesin produksi. Dari pengembangan itu, usahanya kini tak hanya memenuhi pesanan peralatan mandi hotel, melainkan juga melayani pemesanan dalam bentuk sabun jadi yang diminta para supplier.

Saat ini beberapa inovasi produk yang dikembangkan adalah dengan membuat sabun-sabun transparan yang memiliki cita rasa seni. Dalam sabun transparan tersebut bisa dibuat gradasi atau dimasukkan foto-foto. Juga aneka bentuk hiasan lain seperti bentuk cocktail.

Hingga sekarang produk usaha Dewi telah menyebar ke mana-mana, bahkan hingga mancanegara. Anehnya, Dewi menyebut Ia tidak pernah menggunakan jasa sales untuk menjual produknya.

Bisnis Dewi ini mampu mempekerjakan 27 karyawan yang rata- rata dari kalangan anak kurang mampu dari lingkungan sekitar. Meski kesuksesan telah diraih, Dewi tetap hidup sederhana. Ia ingin kehidupannya bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya.

“Satu hal yang perlu ditekankan dari kisah Wiyana Dewi adalah jangan menyerah dengan masalah. Justru masalah itu harus kita hadapi. Dari sana, kita akan menjadi manusia yang lebih kuat,”


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ