11 April 2014

Cara Mengamati Perkembangan Pesaing Bisnis


 photo panduan_bisnis_1_zpsfe1c0782.jpg

Ikuti perkembangan para pesaing bisnis Anda ! Itulah nasehat Saya, Agar usaha Anda selalu unggul dalam persaingan. Jika Anda hanya sibuk dengan usaha Anda tanpa melihat kondisi pesaing usaha Anda maka jangan kaget jika pada suatu waktu pesaing Anda dengan agresif menggeser posisi Anda di pasar. Akibatnya, Anda kurang tanggap dalam menghadapi manuver pesaing dan akhirnya terperosok. Jangan sampai hal itu terjadi.

Lalu apa yang bisa pemilik bisnis lakukan untuk selalu unggul dalam persaingan? Para pakar bisnis Mike Lieberman dan Eric Keiles menyarankan untuk selalu mengetahui dan mempelajari rencana dan strategi bisnis dari pesaing bisnis Anda. Silahkan simak beberapa cara mengamati perkembangan pesaing bisnis Anda.

1. Kunjungi Pameran
Rajinlah mendatangi pameran, terutama jika ada pameran mengenai jenis produk yang sama dengan produk uasaha Anda. Jika Anda tidak dapat hadir kirimkan sejumlah orang untuk menghadirinya untuk mengamati danmencari informasi sebanyak-banyaknya dari peserta pameran yang merupakan pesaing usaha Anda. Biasanya para petugas yang menjaga stand pameran akan menceritakan rencana dan informasi ke depan untuk menarik para pelanggan.

2. Berlangganan Koran Lokal
Bacalah koran lokal yang memuat berita mengenai informasitentang pesaing Anda. Ini cara termudah. Namun, Anda hanya akan mengetahui rencana yang akan segera dilaksanakan jadi jangan terlalu cepat berpuas diri.

3. Menggali dari Vendor
Gunakan percakapan yang santai saat bercakap-cakap untuk menggali informasi. Anda dapat menyelidiki dan mendapatkan informasi dari vendor Anda mengenai rencana yang dimiliki perusahaan lain.

4. Penyelidikan dengan Tur Pabrik
Jika mereka memiliki pabrik dan menawarkan tur ke dalam bagi pengunjung, jangan sia-siakan kesempatan itu. Kunjungi pabrik mereka dan kumpulkan sebanyak mungkin informasi dari orang yang Anda kirimkan.

5. Mengirim Pembeli Rahasia
Pembeli rahasia akan bertindak layaknya agen rahasia. Beli produk mereka dan temukan kualitas dan informasi yang dibutuhkan. Mereka akan memberikan informasi dan penjelasan kepada konsumen.

6. Meneliti ke Situ Web Pesaing
Baca semua isi situs web mereka. Sebagian perusahaan sering menyebarluaskan petunjuk mengenai rencana dan visi mereka ke depan, dan ini dapat menjadi alat penunjuk mengenai arah gerakan mereka selanjutnya.

7. Mendaftar Newsletter via Email
Sebagian besar perusahaan memiliki newsletter yang dikirimkan via email kepada para klien dan calon konsumen. Dengan alamat email gratis yang bisa didapatkan sekarang, Anda tak akan terlalu sukar mendaftar newsletter di situs pesaing dan mengetahui pembaharuan terkini tentang bisnis dan perusahaan mereka di kotak masuk surat elektronik Anda.

8. Cermati Lowongan Kerja Pesaing
Iklan lowongan pekerjaan yang dipublikasikan pesaing juga berperan dalam menunjukkan arah perkembangan perusahaan mereka. Bisa jadi itu adalah satu potong dari gambar besar yang memuat strategi mereka.

9. Penyelidikan melalui Quora
Jika Anda belum menjadi pengguna Quora, tampaknya kini Anda harus mencobanya. Quora memuat data yang lumayan lengkap. Mereka juga memiliki sejumlah file-file yang mereka akan berikan pada investor. Ini akan memberikan informasi mengenai langkah dan rencana mereka sehingga dapat mempertajam pengamatan Anda.

10. Periksa Slideshare
Mereka mungkin lupa untuk menghapus Slideshare mereka di situs Slideshare, kita biasanya akan menemukan data lengkap mengenai proyeksi, kalkulasi dan data penting lainnya. Ini harus dimanfaatkan.

11. Kunjungi LinkedIn
Amati laman LinkedIn. Di sini, mereka akan mempublikasikan kabar terbaru perusahaan, video pendek, informasi pra peluncuran produk, dan banyak data spesifik lainnya. Amati gerakan mereka dan gunakan informasi yang Anda miliki untuk menyusun strategi bisnis yang lebih baik.

12. Riset Tentang Dokumen Publik
Perusahaan-perusahaan biasanya memiliki dokumen-dokumen yang bisa diumumkan ke publik untuk sejumlah tujuan. Anda bisa mengakses dokumen ini.

13. Daftar di Google Alerts
Setiap hari Google memindai dunia maya untuk Anda dan email yang Anda perbarui yang berhubungan dengan kata kunci tertentu. Ini merupakann cara termudah untuk selalu bisa mengamati gerak-gerik pesaing Anda. Di Google Alerts Anda juga dapat dengan mudah mengetahui apa yang sedang dibicarakan orang mengenai pesaing Anda.


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ