17 March 2015

Bisnis Bakso Tak Pernah Sepi


bakso photo bakso_zpslagv79o5.jpg

Menurut data Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (APMISO) Indonesia, jumlah pedagang bakso se-Indonesia sebanyak 2,5 juta pedagang. Dari jumlah tersebut, 70% merupakan pedagang gerobak keliling, 10% pengusaha bakso skala besar dari rumah makan hingga restoran, dan 20% pengusaha bakso mangkal. Jika melihat data tersebut, bisa dipastikan bahwa bakso masih bisa menjadi salah satu alternatif pilihan ketika Anda memutuskan untuk terjun dalam bisnis kuliner.

Walaupun bakso menjadi bisnis yang banyak dijalankan orang, tak perlu takut dengan omzet yang didapat. Jika seorang pedagang bakso keliling menjajakan dengan harga Rp 6 ribu per mangkuk, ia bisa mengantungi paling sedikit Rp 600 ribu per harinya.

Tips Membuka Usaha Bakso

Memang, berwirausaha bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika Anda belum memiliki pengalaman. Namun niat dan kerja keras adalah dasar utamanya. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membuka usaha Bakso.

1. Cobalah untuk menjalankan bisnis tanpa banyak berpikir. Bisa memulai dengan usaha skala kecil dulu jika memang modal yang dimiliki masih minim. jika belum memiliki pengalaman membuat bakso, bisa browsing di internet atau mengikuti pelatihan kuliner.

2. Setelah memiliki bisnis ini, usahakan bisa menyisihkan 10% setiap bulan pendapatan yang Anda dapat untuk tabungan. Dengan menabung Anda bisa mengembangkan bisnis ke skala lebih besar.

3. Belajarlah dari pengalaman agar Anda bisa membenahi sistem. Dari hal bagaimana membeli bahan baku yang berkualitas, kemudian memproses bahan baku yang siap dikonsumsi oleh pembeli, dan bagaimana melayani pelanggan dengan baik. Hal seperti itu harus terus Anda benahi.

4. Terus lakukan inovasi produk yang dimiliki. Seperti bagaimana bentuk dan rasanya. Jangan lupa amati hal-hal yang disukai oleh masyarakat.

5. Setelah semuanya berkembang, sudah saatnya Anda “melebarkan sayap”, seperti membuka cabang baru di beberapa tempat lain, atau mewaralabakan bisnis kepada orang lain. Meski hasilnya sedikit, tetapi masyarakat luas bisa lebih mengenal usaha Anda.

share dari Majalah wirausaha Growprofit


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ