10 March 2015

Mengenang Sang Maestro AgroBisnis Bob Sadino


bob_sadino photo bob_sadino_zpsglvearhs.jpg

Bob Sadino dan celana pendek berbahan jeans adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Celana pendek ini menjadi identitas pengusaha kawakan yang wafat Senin, 19 Januari 2015 lalu. Konsep dan gaya hidupnya sering menimbulkan kontroversi.

Bob Sadino di Mata Sang Putri

Bambang Mustari Sadino atau yang kerap disapa Bob Sadino memiliki seorang putri yang bernama Mira Sadino. Sepeninggal Bob Sadino, Sang putri inilah yang melanjutkan pengelolaan bisnisnya. Salah satu bisnis Bob yang terkenal adalah bisnis swalayan Kem Chicks dengan pangsa pasar orang asing sekitar daerah Kemang. Mira mengaku siap melanjutkan pengelolaan Kem Chick yang merupakan perusahaan pertama yang dirintis ayahnya tersebut.

"Melanjutkan pengelolaan Kem Chicks itu saya tidak ambil beban, karena dari dulu saya tinggal di lingkungan rumah, cuma kan saya belum diberi kesempatan seperti yang ayah berikan. Saya juga tidak akan mengubah konsep bisnis yang telah dibesarkan Ayah." kata Mira pada saat usai acara pemakaman ayahnya.

Mira mengaku banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan begitu saja semenjak hidup dari kecil bersama Bob Sadino. Salah satunya adalah, saat dirinya berhasil dalam menjalankan tugas dengan baik. Mira mengatakan bukan pujian yang dia dapat, melainkan tindakan yang lebih keras atau gemblengan.

Meski selalu mendapat sikap gembleng, Mira mengakui bahwa almarhum ayahnya tersebut bangga saat anak-anaknya mencapai keberhasilan di suatu tingkat. Selain itu, Mira mengungkapkan bahwa dirinya selalu dimarahi sampai nangis jika salah dalam kondisi dan situasi apapun.

Bob Sadino di Mata Sahabatnya

Beberapa kawan mengungkapkan kenangannya terhadap pengusaha Bob Sadino. Termasuk Adnan Buyung Nasution. Pakar hukum ini merupakan sahabat Bob. Di mata Adnan, Bob merupakan teladan di bidang wirausaha. Bob tak malu memulai usaha dari nol dan mampu menularkan semangat wirausaha ke banyak orang. Bob percaya akan filosofi kesuksesan, bahwa sukses tidaklah diraih secepat kilat seperti membalikkan telapak tangan, tapi harus berproses bahkan harus berhadapan dengan kegagalan demi kegagalan.

"Dari muda energik, perjuangan hidup beliau luar biasa. Jual telur pakai sepeda dengan istrinya. Gagasan ini beliau dapat dari Belanda karena sekolah di sana," ‎ujar Adnan di kediaman almarhum Bob Sadino, Jalan P&K, Cirendeu.‎ Dalam kesempatan tersebut, Adnan juga mengisahkan luar biasanya seorang Bob Sadino menularkan semangat bisnisnya kepada orang-orang terkasih. Bob Sadino, bisa mengajak istrinya untuk berjualan telur dengan menggunakan sepeda.

"Pengalaman Bob Sadino saat masih di Belanda dibawanya sampai ke Indonesia, beliau tidak malu berjualan telur pakai sepeda. Telur ditaruh di depan, sayur di belakang, istri di tengah. Jiwa wirausaha beliau sudah mulai dari nol, dengan keringat, air mata, dari telur sampai adanya Kem Chick. Nggak ada duanya," kenang Adnan Buyung Nasution.

"Beliau itu sahabat saya. Mudah-mudahan arwahnya diterima Allah SWT ditempatkan di sisi yang baik. Semangat hidup beliau, berjuang untuk hidup, hidup itu untuk berjuang," tutupnya.

Selamat jalan Om Bob, semoga semua ilmunya tentang wirausaha dijadikan oleh Allah sebagai amal jariyah.


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ