21 November 2013

Usaha Depot Air Minum Isi Ulang


air_minum_isi_ulang photo isi_ulang_zps6fb17812.jpg

Selama ada manusia, bisnis air minum isi ulang tidak ada matinya. Tidak ada yang sulit bagi Anda yang ingin memulai dan mengembangkan usaha bisnis air minum isi ulang. Semua dapat kita pelajari dan kita coba dengan mudah.

Usaha air minum isi ulang mempunyai prospek yang bagus, hal ini disebabkan berubahnya gaya hidup masyarakat yang biasanya memasak sendiri air untuk minum, sekarang memilih membeli air siap minum kemasan. Hal ini tak lepas dari sulitnya air bersih yang di dapat dan menurunnya kwalitas air bersih yang ada di lingkungan masyarakat, bau zat kimia (kaporit dan tawas) yang masih tercium, keruh, kandungan zat besi yang tinggi, pencemaran limbah industri, dll, sehingga bila air dimasak rasa dan baunya tidak enak. Setiap orang pasti membutuhkan air minum setiap harinya, bagi yang mampu memang bisa dengan mudah membeli air minum bermerek sedangkan bagi masyarakat kelas menengah kebawah lebih memilih air minum isi ulang karena harganya yang jauh lebih murah dibanding yang bermerek. Oleh karena itu Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang sangat menjanjikan terutama di wilayah perkotaan yang selama ini menggantungkan dari air produksi PDAM, Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang juga sudah bisa ditemui dipinggiran kota dan pedesaan karena kepraktisan dan perubahan paradigma masyarakat.

Perlengkapan Usaha

Modal awal untuk usaha ini relatif cukup besar, dikarenakan perlengkapan usaha yang di butuhkan juga relatif mahal. Tentu saja yang paling penting adalah alat penyulingan air minum isi ulang yang bisa anda dapatkan dari para suplier, biasanya para suplier alat ini juga akan menyediakan air minum isi ulang yang bisa anda beli per tangki yang di ambil dari mata air pegunungan. Harga untuk Paket instalasi alat penyaringan air minum isi ulang ini bervariasi, saat ini berkisar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta tergantung teknologi, jenis filtrasi, ukuran dan kapasitas.

Saat anda memutuskan membelinya, pastikan ada garansi purna jual atau perawatan dari suplier termasuk ketersediaan stock lampu UV dan alat filtrasi lainnya yang mungkin akan anda butuhkan dikemudian hari. Anda juga membutuhkan tangki penampungan air dengan kapasitas diatas 5000 liter, hal ini di karenakan isi dari satu tangki mobil air minum isi ulang adalah 5000 liter. Dikarenakan harga tangki air ukuran 5000 liter ke atas masih mahal (sekitar Rp 5 jutaan ), anda dapat membangun tandon air sendiri dengan kapasitas besar. Anda juga mesti membeli Tisu + Tutup Galon dan air baku untuk usaha ini.

Strategi Menjalankan Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

1. Tentukan Lokasi Usaha
Tempat usaha air minum isi ulang haruslah di kawasan padat penduduk, pilihlah lokasi yang mudah di jangkau dan di pinggiran jalan sebab mobil tangki pengisi air minum mesti datang dari waktu ke waktu. Kita bisa membuka usaha kecil ini di sekitar perumahan, kita bisa memanfaatkan sebagian rumah kita untuk dijadikan tempat usaha ini.

2. Pelajari Market
Dimanapun kota anda, cek pasar air minum galon di kota anda, apakah masyarakat sudah mulai mengkonsumsi air dalam galon ? atau masih terbiasa dengan merebus air ? Jika di daerah Anda sudah ada yang membuka depot air minum, tandanya sudah banyak orang yang menkonsumsi air isi ulang. Tidak perlu takut buka depot di tempat yang sudah banyak dibuka depot sejenis.

3. Pelajari Pesaing Anda
Lakukan survey di berapa depot di kota anda, mengenai harga, omset per hari, kualitas (UV / RO), armada sales, armada pengiriman, bonus, promosi, dan tanyakan masyarakat kenapa pilih yang ini atau yang itu.. semakin lengkap data anda, akan memudahkan Anda untuk menyusun strategi pemasaran dan penjualan.

4. Aktif Berpromosi
Selebaran, stiker, spanduk & kartu nama adalah sebagian kecil dari media promosi. Kalau punya dana lebih anda bisa berpromosi lewat radio dan surat kabar lokal tentang Depot Air Minum Isi Ulang yang ada dirikan. Carilah pelanggan lebih banyak lagi setiap waktu, lakukan inovasi dalam promosi, perbanyak alat promosi.

5. Jagalah Kualitas Produk
Pastikan kualitas produk air minum isi ulang dari Anda terjaga, makin hari makin baik. Hal yang dapat dilakukan adalah secara rutin mengontrol instalasi penyaringan air, menjaga kualitas bahan baku air, dan secara berkala memeriksakan kualitas air ke laboratorium.

5. Jaga Hubungan Baik Dengan Pemilik Depo Lain
Dengan sesama pemilik depot air minum isi ulang jangan bersikap Eksklusif. Jangan mengira usaha Anda akan maju dengan menjaga jarak dengan pesaing anda. Justru tingkatkan hubungan baik dan keakraban dengan Depot Air Minum Isi, Depot Isi Ulang Air Minum yang lainnya. Anda akan tenang dalam berbisnis dan akan membuka wawasan berfikir.

6. Buatlah Ide Kreatif
Untuk meningkatkan jumlah pelanggan serta menjaga kesetiaan pelanggan perlu ide-ide kreatif, diantaranya adalah :
  • Layanan Pesan Antar. Orang sibuk, tidak mempunyai kendaraan,kos kosan dan ibu rumah tangga adalah sasaran dari layanan pesan antar Air Minum, Air Minum Isi, Air Minum Isi Ulang, Isi Ulang Air Minum atau Air Reverse Osmosis Gunakan sepeda,sepeda motor atau mobil untuk menjalankan ini.Cantumkan pada kendaraan nomor telepon yang mudah dihubungi. Jika anda tidak ingin kehilangan pelanggan, jangan sering terlambat mengantar pesanan.
  • Meminjamkan Galon Kepada Pelanggan. Cara ini merupakan jurus ampuh sekaligus pedang bermata dua !. Jangan lakukan cara ini jika pembukuan pada Depot Air Minum Isi Ulang anda belum tertib dan teliti karena resikonya adalah akan banyak galon yang hilang.

Berikut adalah beberapa suplier instalasi mesin untuk depot air minum isi ulang :

http://indonetwork.co.id/atom_technology
http://yupiterwater.com
http://makassaraquatic.webs.com
http://inviro.co.id
http://airisiulang.com
http://globalmuliaperkasa.com
http://juraganro.com
http://www.airminumbiru.com



ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar:

  1. Terimakash, sudah menmasukkan permalink kami disini...
    http://inviro.co.id/

    ReplyDelete

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ