16 January 2014

Budidaya Semut Rangrang | Penghasil Kroto


 photo ternak_semut_zps3cd1faa9.jpg

Tujuan utama membudidayakan semut rangrang adalah untuk menghasilkan telur semut yang dinamakan kroto. Dengan semakin banyaknya pecinta burung kicau, pecinta ikan hias, penghobi mancing, permintaan akan kroto dari hari ke hari semakin meningkat. Untuk mememnuhi tingginya permintaan kroto ini tidak akan tercukupi dengan hanya mengandalkan stok kroto hasil penangkapan dari alam. Solusi terbaik adalah dengan membudidayakan semut penghasil kroto ini. Anda tangkap keadaan ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan, dengan pertimbangan sebagai berikut:
  • Permintaan terhadap kroto semakin meningkat
  • Harga kroto relatif stabil dan cenderung mengalami kenaikan, harga kroto di pasaran Rp. 100.000 - Rp. 150.000/kg
  • Penggunaan kroto mengalami pengembangan, semula hanya untuk pakan burung sekarang berkembang untuk pakan ikan hias, untuk umpan mancing, dll
  • Mudah dalam memasarkan
  • Mudah dalam pembudidayaan
  • Belum banyak orang yang terjun ke bidang usaha budidaya semut rangrang sehingga persaingan belum terlalu ketat
Semut rangrang ini bisa dibudidayakan secara intensif dengan memindahkan segerombolan koloni semut rangrang dari pohon ke tempat habitat buatan seperti potongan bambu, potongan paralon, atau toples plastik.

Selama awal budidaya biasanya semut rangrang banyak yang berjatuhan dan mati namun tidak apa-apa karena ini hal yang wajar. Yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan pakan dan variasi makanan (serangga) perlu diperhatiakan untuk menghidari produksi kroto yang lambat dan kejenuhan yang mengaibatkan penurunan angka koloni bahkan kematian semut kroto.

Untuk lebih detail mengenai budidaya semut rangrang, bisa belajar di PESONA SEMUT RANGRANG


ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar:

  1. terima kasih atas peluang bisnisnya. saya akan mencoba?? tapi klo untuk memasarkan ke kota-kota besar bagaimana caranya?

    ReplyDelete

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ