29 November 2014

Budidaya Pohon Kayu Emas


 photo gaharu_zpscfa11217.jpg
Pohon Gaharu adalah pohon penghasil kayu gaharu sebagai salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia. Karena nilai jual kayu gaharu yang mahal sehingga saya menyebutnya kayu emas. Kayu Gaharu berharga mahal setelah menjadi gupal. Gupal ini mengandung resin atau getah setelah pohon gaharu terinfeksi sejenis jamur parasit (yang disebut kapang) dari anggota kelas Ascomycetes. Gupal inilah yang menjadikan kayu gaharu menjadi khas, unik, dan beraroma wangi yang banyak digunakan dalam industri kosmetika, parfum, pewangi ruangan, hio maupun obat-obatan.. Dan gupal ini pula yang kemudian dihargai sangat mahal di pasal internasional.

Diantara jenis pohon yang menghasilkan gaharu adalah pohon-pohon yang termasuk famili Thymelaeaceae yakni Gonystyloidae ( Gonystylus spp.), Thymelaeoidae (Enklea spp), Aquilarioideae (Aquilaria spp.),. Akan tetapi jenis yang diketahui memiliki potensi penghasil gaharu tertinggi adalah Aquilaria malaccensis atau dikenal dengan nama daerah Garu, Kompe, Karas, Alim, dan lain-lain.

Harga gaharu kualitas super dapat mencapai Rp 5 juta /kg, bahkan dapat mencapai US $ 10.000 per kg di tingkat pengguna akhir. Di tingkat pengumpul harga gaharu dapat mencapai Rp. 600.000,- per kg. Jumlah produksi gubal gaharu dapat beragam tergantung kualitas pohon dan tempat tumbuhnya dengan rata-rata 2 kg per pohon. Dengan jarak tanam 3 x 3 m atau 1100 pohon per ha, maka akan dihasilkan sekitar 2 ton gaharu/ha. Jika kita asumsikan bahwa gaharu yang dihasilkan hanya kualitas rendah dengan harga Rp 250 – 300 ribu / kg maka akan diperoleh pendapatan Rp 550 – 660 juta / ha. Bagaimana jika dihasilkan tersebut gaharu kualitas super dengan harga Rp 600 ribu pada pedagang pengumpul ? Suatu jumlah yang sangat fantastis untuk usaha lebih kurang 10 tahun.

Kayu gaharu, baik yang mengandung gupal ataupun tidak adalah komoditas ekspor dengan tujuan ke berbagai negara seperti Singapura, Jepang, China, Saudi Arabia, Kuwait Yaman, United Emirat, Turki, dan Amerika Serikat.

Jika Anda tertarik untuk membudidayakan gaharu silahkan kunjungi laman berikut ini :
www.gaharudjogjakarta.blogspot.com
www.jualbibitgaharu.com


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ