02 March 2015

Usaha Ternak Bebek Entok


bebek_entok photo bebek_entok_zpsf6jxgnwb.jpg

Bebek Entok atau Mentok sudah sangat familier di kalangan masyarakat. Mentok banyak dipelihara orang di kampung-kampung dalam jumlah yang terbatas. Bebek mentok merupakan salah satu jenis unggas yang masih dalam satu keluarga itik. . Mentok memiliki perbedaan dibandingkan dengan jenis itik yang lain, Entok mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar dan leher yang lebih pendek, berjalan lambat dengan gaya lenggak lenggok.

Usaha ternak mentok di Indonesia masih bersifat usaha kecil sampingan dalam skala kecil. Belum dibudidayakan secara intensif dan besar-besaran seperti halnya di Negara Taiwan. Jika dilihat dari potensi yang ada pada bebek mentok semestinya ini adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Ada tiga produk yang terdapat pada bebek entok, yakni daging, telur, dan bulunya. Entok dimanfaatkan untuk diambil daging dan telurnya, harga entok relatif tinggi Rp. 100.000 – Rp. 150.000 per ekor. Selain itu, bulunya bisa digunakan untuk pembuatan kok badminton, springbed dan lain-lain.

Salah satu keunggulan beternak entok adalah bebek ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat dengan resiko kematian yang sangat rendah. Dengan pemeliharaan apa adanya saja entok bisa tumbuh dengan baik, apalagi jika dibudidayakan secara intensif. Kebanyakan orang pelihara entok dalam skala kecil. Mereka menjadikan entok sebagai tabungan. Jika saat membutuhkan uang, mereka bisa menjual entok tersebut. Biasanya para Bandar entok sudah menjemput bola bagi masyarakat yang akan menjual entok.

Untuk menjalankan usaha budidaya Entok diperlukan tata kelola yang baik agar usaha ini menguntungkan. Persaingan usaha budidaya Entok masih sangat kecil. Hal ini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan karena sedikitnya saingan bisnis. Mengenai pangsa pasar bebek entok tidaklah sulit, sebab cita rasa daging entok tidak kalah lezatnya dengan jenis itik yang lain. Selain menjual langsung ke konsumen baik di rumah maupun di pasar, bisa dicoba mengenalkan entok ke rumah-rumah makan yang menjual olahan daging itik.

Peluang usaha ternak Entok masih terbuka sangat lebar bagi siapapun. Permintaan bulu Entok juga masih sangat tinggi sehingga pasokan bulu Entok untuk pembuatan kok bulutangkis sangat kurang. Nah, usaha ini sangat menguntungkan dan prospektif untuk dijalankan. Anda tertarik membudidayakan Entok ? Kunjungi cara budidaya-nya DISINI


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ