09 March 2014

Usaha Catering


 photo usaha_catering_zps3d58160f.jpg

Usaha catering tidak pernah surut seiring semakin beragamnya kegiatan masyarakat dalam memenuhi gaya hidup. Jasa catering dibutuhkan dalam beragam jenis pesta, pemenuhan kebutuhan makan sehari-hari dari karyawan kantor, anak kost, keluarga sibuk, dll.

Bagi Anda Pecinta dunia kuliner dapat mengembangkan hobi Anda menjadi sebuah usaha Catering. Usaha ini dapat dimulai dari catering rumahan dengan membidik konsumen dari masyarakat kelas bawah dan menengah. Jika suatu saat modal dan manajemen usaha Anda sudah besar dan kokoh tentu dapat melangkah ke usaha catering dengan skala yang lebih besar dengan konsumen mulai dari kelas bawah sampai kelas atas. Sesuatu yang besar dapat dimulai dari sesuatu yang kecil.

Usaha catering tidak hanya dapat dijalankan oleh Anda yang pintar memasak, jika Anda tidak pandai memasak maka tentu dapat mempekerjakan tukang masak dalam menjalankan usaha catering Anda. Pemilik usaha catering dituntut untuk mengerti selera dan jenis-jenis makanan yang sedang digemari para konsumen .

Persiapan Membuka Usaha Catering

1. Persiapan Mental. Dalam memulai sebuah bisnis yang pertama kali dipersiapkan adalah mental, sebab untuk mengatasi hambatan yang nantinya akan datang diperlukan persiapan mental yang baik.

2. Tempat Usaha. Untuk usaha katering skala kecil dapat menggunakan rumah pribadi sebagai tempat usaha awal, jika usaha sudah berkembang lebih besar lagi tentu diperlukan lahan yang lebih luas dan memadai. Yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat usaha adalah memiliki area kerja yang cukup luas untuk dapur atau tempat pengolahan bahan atau makanan, memiliki fasilitas yang memadai (air, listrik, sistem pembuangan air yang baik) dekat dengan pasar, tidak mengganggu masyarakat sekitar.

3. Menentukan model usaha catering. Anda tentukan model produk dan layanan yang akan dipilih, misalnya catering prasmanan untuk pesta, catering rantangan, catering dalam kotak, atau catering menu khusus. Anda dapat mengamati keadaan masyarakat sekitar. catering jenis apa yang cocok dikembangkan didaerah sekitar Anda.

4. Menentukan standar resep andalan. Usaha catering Anda harus memiliki resep andalan yang khas dan menu-menu umum yang lainnya dengan cita rasa yang enak dan lezat. Sebelum memulai usaha Anda harus mengumpulkan aneka resep terbaik.

5. Membuat Perencanaan Usaha. Perencanaan usaha dibuat dengan tepat disertai dengan kegiatan survei untuk kebutuhannya agar ada patokan dan perbandingan yang sesuai perencanaan usaha yang dibuat.

6. Membuat Daftar Harga. Buatlah daftar harga dari setiap menu dengan membandingkan harga yang diberikan oleh pengusaha catering lain, sehingga daftar harga yang Anda berikan dapat bersaing dan usakan relatif terjangkau oleh konsumen kelas bawah dan menengah.

7. Pembukuan. Persiapkan buku pencatatan keuangan, jika Anda tidak menguasai pembukuan yang lebih detail lakukan pencatatan transaksi usaha Anda secara sederhana saja yakni hanya transaksi pemasukan dan pengeluaran. Persiapkan buku order dan kuitansi.

8. Mempersiapkan Sarana dan Prasarana. Persiapkan segala sarana pendukung operasional usaha catering Anda, seperti juru masak, karyawan, peralatan masak, peralatan untuk menyajikan, kendaraan, sampai kebutuhan promosi seperti brosur, kartu nama dan sebagainya harus disiapkan dengan matang.

Promosi dan Pemasaran

Untuk lebih mengenalkan usaha catering Anda kepada masyarakat, lakukan promosi secara intensif. Yang dapat Anda lakukan antara lain adalah sebagai berikut:
  • Menyediakan kartu nama.
  • Melakukan promosi via internet, karena lebih menjangkau banyak kalangan. Sertakan kelebihan produk catering Anda.
  • Media massa lokal. Promosi melalui jasa mereka seperti koran lokal dan radio akan cukup efektif.
  • Label. Sertakan nama, alamat dan nomor telepon usaha catering Anda disetiap kemasan seperti kardus, tissue, plastik, dll.
  • Dari mulut ke mulut. Tawarkan jasa catering Anda pada rekan terdekat Anda, keluarga, atau para tetangga.
Kunci Sukses

Dalam kegiatan proses memasak, usahakan untuk menjaga kualitas bahan baku dan kebersihan baik kebersihan peralatan produksi maupun tempat memasak. Hindari bahan baku yang membahayakan kesehatan, seperti pewarna makanan atau zat-zat pengawet. Sehingga masakan yang Anda hasilkan memiliki kualitas yang bagus, dan aman dikonsumsi konsumen.Perhatikan pula kualitas rasa semua masakan Anda. Jalinlah kerjasama dengan perkantoran, tempat kost, dan semua orang atau organisasi yang kemungkinan membutuhkan jasa catering. Sebagian dari nilai jual adalah harga, sebaiknya Anda perhitungkan dengan baik agar harga catering lebih murah, namun tetap mendapat untung. Jangan enggan untuk memberikan diskon, dan ramahlah kepada semua konsumen Anda.


ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar:

  1. Usaha catering jangan lupa menggunakan Dus Makanan punya saya.. Dijamin bagus banget.

    ReplyDelete

Tulis komentar sobat

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2013 Wirausaha Impian | Design by BLog BamZ